Halo semuanya nama saya hasya dan saya akan menceritakan tentang diklat PLATO yang seru, mantab dan diklat yang paling mengesankan yang pernah saya alami. Oke saya akan cerita dari diklat materi dulu. Di diklat materi kami diberi bekal banyak sekali ilmu mulai dari PHDAB, navigasi darat, SAR, simpul dan lain-lain. Setelah diklat materi, kami diberikan diklat fisik yang lumayan melelahkan tapi menyenangkan. Di diklat fisik ini kami dilatih untuk tetap konstan dalam perjalanan dan tetap memperhatikan saudara atau kata gawlnya keep our brotherhood . Oke capcus, setelah kira kira diklat fisik 2 mingguan kemudian kita diberi waktu 1 mingguan untuk memenuhi checklist. Di dalam checklist sebenernya gampang gampang barangnya, tapi belinya itulo yang gak sempat karena banyak tugas. Setelah mondar mandir kesana kemari akhirnya dapat juga semua barang yang ada di checklist. Oya sebelumnya, kami membuat kompor dari botol kaleng pocar* dan alhamdulillah komporku jadinya bagus soalnya dibantu mas mbaknya hehe. Dan keesokan harinya packing dan checklist kedua. Setelah checklist kedua aku lupa menulis sesuatu jadi aku kena punishment 75 untung aja cuma dikit soalnya anak anak pada dapet punishment 200 an. Kemudian packing, nah pada packing ini susahnya minta ampun karena kita harus meminimalkan ruang yang ada. Waktu packing ini aku udah 3 kali bongkar carrier. Dan setelah packing kita disuruh untuk menyetting carrier. Waktu pertama kali nyangklongin tas carrier. Buhhh rasanya sesuatu banget tapi lama lama agak kebiasaan.
Entah kenapa perasaanku biasa aja padahal besok mau diklat yang sebenarnya. Keesokan harinya, pembukaan diklat PLATO 33 dibuka oleh bapak wakasis kalau gak salah. Setelah pembukaan selesai kami disuruh push up sambil membawa carrier, wuahhh bisa tengkurap tapi gabisa bangun lagi hehe. Padahal cuma disuruh push up 5 kali tapi berasa 300 kali push up biasa. Setelah push up pemanasan itu kita langsung naik truk pasir. Ini pertama kalinya aku naik truk pasir. Rasanya mantab (Y) isis isis berpasir gimana gitu. Beberapa menit kemudian jam 09.36 kami turun dikawasan dau (mungkin) dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Kira kira 1 jam kemudian kami sampai di masjid untuk makan siang. Makan siangnya makan dengan bekal yang dibawa dari rumah tadi pagi. Setelah makan, waktu akan melanjutkan perjalanan eh gak taunya ada rejeki. sepatuku jebol -__-. Yah… mensyukuri rejeki yang ada, aku ganti sepatu dengan sandal track. Untung aja waktu itu aku udah beli sandal track, bayangkan kalau aku gak beli sandal track pasti aku kayak anak ilang udah bawa carrier sandal jepitan jugaaa. Setelah insiden itu kami berhenti di lapangan dekat gua untuk checklist yang ketiga. Anak laki lakinya pada sholat jumat dan anak perempuan/non disuruh masuk ke gua untuk sharing sharing.setelah sharing kami keluar gua dan checklist. Waktu checklist semua bahan logistic kecuali air, gula merah, beras dan telur dikumpulkan. Dan rejeki yang kedua adalah aku udah bawa banyak snack dan ternyata dikumpulkan. Yah.. sekali lagi syukuri apa yang ada, ada hikmah dibalik semua itu jadi carriernyakan agak lebih ringan. Setelah packing selesai kami dibagi 3 kelompok dan kelompokku beranggotakan fuad, iqbal sama alfin. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan dan berhenti di pos navigasi. Di pos navigasi ini saya jadi yang mengarahkan yang dibidik. Setelah itu lanjut perjalanan lagi dan sampailah di suatu tempat. Waktu datang kami disuruh push up dan kami langsung melakukannya dan setelah push up kami diberitahu kalau disini cuma pos bayangan bukan pos sesungguhnya. Di pos ini kami dikerjain sama alumninya -__- tapi gapapalah pemanasan dikit. Kemudian lanjut ke sungai, pos gedhang dan sampai di basecamp sementara. Disini langsung bikin bivak sementara, dikarenakan aku belum bisa bikin bivak jadi bivakku mbleyot-mbleyot soalnya nalinya kurang rapet. Kira kira pukul 02.00 kami pindah basecamp. Dan dalam perjalanan kami berhenti di pos lagu begini lagunya
Mendaki gunung lewati lembah
Sungai mengalir indah ke samudra
Bersama teman di plonco
PLATO MBC itulah namanya
Pushup dan tendangan itu menunya
Bersama teman diplonco

30 menit kemudian sampai di basecamp utama. Buat bivak baru lagi dan alhamdulillah bivakku jelek dan disuruh ngulang lagi. Bivak belum selesai tapi kami disuruh kumpul untuk pemanasan. Setelah pemanasan kami membenahi bivak yang rusak tersebut. Dan setelah lama berkutat sama bivak akhirnya jadi juga bivaknya. MAU TAU KELANJUTANNYA SAKSIKAN EPISODE BERIKUTNYA HANYA DI HASYA AGHNIA GOLDEN WAYS!!!! :D