Kelainan dan Penyakit pada peredaran Darah Manusia


1. Anemia : penyakit kekurangan hemoglobin dalam eritrosit yang disebabkan kekurangan zat besi ( Fe ). Penyakit kekurangan eritrosit dalam darah karena dimakan kuman ( misalnya karena kasus penderita sakit cacing tambang ). Penyakit kekurangan cairan darah akibat kecelakaan yang banyak mengeluarkan darah.

penderita anemia pada tlapak tangan akan terlihat pucat
Selaput lendir kelopak mata yang pucat pada penderita anemia
2. Leukimia : ( kanker darah ), yaitu reproduksi sel darh putih ( leukosit ) yang tidak terkendali, sehingga sel darah merah dimakannya ( memakan sel darah merah ).
 Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya.

3. Thalasemia : tidak normalnya atau berkurangnya produksi hb, biasa terjadi di daerah endemik malaria
4.Sklerosis : penyakht pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah akibat penimbunan lemak ( artherosklerosis ) dan penimbunan senyawa kapur ( arteriosklerosis ).
 -Aterosklerosis
-  Arteriosklerosis


5. Varises : pelebaran pebuluh vena. Varises yang terdapat di dekat anus disebut ambeien atau wasir. Varises yang terdapat di bagian vena rektum disebut hemeroid.
6.Wasir :penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan
7. hemofilia :Proses pembekuan darah pada seorang penderita hemofilia tidak secepat dan sebanyak orang lain yang normal. Ia akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk proses pembekuan darahnya.