Postingan ini disertakan dalam #8MingguNgeblog Anging Mammiri
 postingan sebelumnya saya sudah bercerita sedikit tentang kotaku sama daerahku. Nah sekarang saya bakalan menjelaskanya. simak baik baik ya.. 
Intro dulu biar rileks. Malang berada di pulau Jawa, provinsi jawa timur dan pastinya indonesia lah yaa.Di kota malang ini punya banyak banget rasa lokalnya (local flavour). pertama kali yang saya bahas adalah bahasa.pada umumnya penduduk di pulau jawa kebanyakan memakai bahasa jawa, meskipun kebanyakan memakai bahasa jawa tetapi setiap kota memiliki khas sendiri-sendiri. kekhasan dari bahasa jawa di malang adalah boso walikan (bahasa terbalik). pasti pada nanya , apa itu boso walikan? boso walikan adalah bahasa sandi. kenapa bahasa sandi? karena hanya orang asli malang yang langsung paham dengan bahasa ini.
Sebenarnya bahasa ini sama seperti yang lain tetapi terdapat perbedaan pada cara membacanya. Pada bahasa bahasa lainnya yang selalu dibaca dari kiri ke kanan sedangkan boso walikan dimulai dari kanan ke kiri. Meskipun begitu tidak semua kata dapat diwalik (balik). Okay, mari sekarang kita belajar sedikit………….

Kakak laki laki bahasa jawanya mas dan setelah ditranslet boso walikan di google translet(emang ada ya? ) menjadi “sam”. Lagi yaa..

Maaf bahasa jawanya sepurane dan di boso walikan jadi “enarupes” unik kan boso walikan. Masih banyak kata lagi. Untuk tulisan selanjutnya bakal disisipin sedikit boso walikan biar lebih greget rasa lokalnya. Tapi tenang aja bakalan saya kasih subtitle kayak di film film. nih ada contoh lagi...
nakam dirayabi
utapes nyelang
kok nyimut....

boso walikan ini emang agak mikir kalau mau baca. ilmu bukan hanya dari buku aja dari sini kita juga bisa mengasah otak biar ga terlalu beku nih otak, paling enggak encer encer dikit lah. tulisan diatas kalau di bahasa jawain jadi...
makan dibayari
sepatu nyelang
kok nyimut....
nah dari situ kita bisa tahu enggak semua kata dibalik soalnya kalau semua kata dibalik bakalan susah bacanya/asing dan yang paling ga enak kita bakalan menghabiskan banyak waktu untuk berpikir,kalau semua kata dibalik bisa jadi malah kayak komat kamit. yang beberapa kata aja lama bacanya apalagi kalau baca cerpen bakalan kayak FBI tuh buat mecahin tuh cerita.oya kata diatas bahasa indonya
makan dibayari
sepatu pinjem
kok enak....


Kedua hereeee we goo bakso malang. yummy.Bakso Bakso tukk tuukk ttuukk..



Bakso malang udah terkenal sampai kemana mana. Saking banyaknya penjual oskab(bakso) yang nomaden dan permanen membuat kota ngalam (malang) memiliki icon oskab ngalam(bakso malang). Sampai sekarang sangat banyak penjual oskab(bakso) yang memiliki inovatif dan servis tersendiri sehingga para pelanggan tidak akan bosan dengan rasa yang itu itu saja.bakso malang umumnya berbahan dasar daging sapi sehingga lebih gurih dan nikmat. selain dapat dinikmati di musim hujan, bakso juga sering dikonsumsi saat musim kemarau soalnya suhu di kota malang sejuk sehingga tambah berselera untuk menyantap hidangan.


ketelu(ketiga) Apel malang, malang terkenal dengan rasa apelnya yang khas. memang tampilan dan rasanya mungkin tidak semenarik dan sesedap apel New Zealand atau apel di Taman Eden yang mampu memikat Adam dan Hawa namun apel hijau kecil kecil ini memiliki rasa berbeda dengan apel apel pesaingnya.
apel apel ini banyak dijual dipinggir jalan ke arah batu jadi kalau lewat sini berasa banget kota malangnya.sebenarnya masih banyak yang lainnya... lain kali bakalan aku post yang lainnya. selamat rudit ker... #8MingguNgeblog